SMK Negeri 2 Cibinong, Sekolah Musik Pertama Di Jawa Barat

Headline

» » » » » SMK Negeri 2 Cibinong, Sekolah Musik Pertama Di Jawa Barat

CIBINONG - lensabogor.com
Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dunia industri seni, baik pada industri pertelevisian, entertain dan pengajar seni, disamping Kabupaten Bogor sebagai ikon daerah wisata, sementara bakat, potensi dan peluang dunia seni pada jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Bogor mempunyai prospek dan minat yang positif khususnya seni musik klasik dan musik tradisi. 

Untuk menjawab hal tersebut, maka dilakukan upaya strategis melalui pendidikan khusus yang berorientasi pada kompetensi keahlian seni. Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan merespon dengan mendirikan sekolah menengah kejuruan (smk) Negeri 2 Cibinong, Sekolah Menengah Musik karawitan (SMM) Kabupaten Bogor, sesuai dengan surat keputusan No.421.5/174/KPTS/Per-UU/2014 tanggal 29 Februari 2014, menyatakan bahwa SMM ini adalah sekolah dengan identitas Negeri. 

Aris Nurjatmiko, selaku Kasubag program pendidikan, memaparkan," Sekolah Menengah Kejuruan ini adalah sekolah negeri pertama di Kabupaten Bogor yang bidang keahliannya adalah seni, kerajinan, dan pariwisata. SMM ini memiliki tiga inti pelajar yaitu Adaptif, Normatif dan Produktif. Mata pelajaran adatif terdiri atas ; Bhs Inggris, MTK, IPA, IPS, dan Kewirausahaan. Sedangkan, untuk mata pelajaran normatif terdiri atas ; Agama, PKN, Bhs Indonesia, Penjaskes, dan Seni Budaya. Terakhir adalah mata pelajaran Produktif yang terdiri atas ; memainkan Harmoni, teori musik, Okestra, dan beberapa pelajaran memainkan alat-alat musik klasik seperti, piano, violin, saxophone, gitar, dan lalin-lain. Dengan ditangani secara langsung oleh para pendidik kesenian dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Adapun program studi dari Sekolah Menengah Musik (SMM) ini adalah seni pertunjukan dan Kompetensi Studi SMM adalah Seni Musik Klasik dan Karawitan,"  papar Aris, saat ditemui di ruangkerjanya, Rabu (25/6). 

Lebih lanjut Aris menuturkan, "Untuk tahun ajaran  2014/2015 (pertama) ini, kami telah menerima 35 orang sebagai siswa, biaya operasional untuk sekolah ini sekitar Rp 1,8 miliar per tahun. Jumlah tersebut adalah jumlah biaya operasional yang dikeluarkan oleh APBD Kabupaten Bogor, Sementara untuk tahun ajaran pertama ini akan menggunakan gedung sementara yang berada di Komplek SKB Jalan Karadenan Cibinong, Kabupaten Bogor," tuturnya. 

Mengenai prospek dan peluang kerja Aris menjelaskan, setiap lulusan sesuai tujuan pendidikan kejuruan dapat mengisi kebutuhan kerja dibidang musik dan juga dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi . antara lain ISI Jogjakarta, UNY Jogjakarta, UPI Bandung, UNESA Semarang dan lain lain. adapun untuk peluang kerja, Menjadi anggota korps musik di TNT /Polri, Pemda, televisi, musisi atau group musik baik klasik maupun pop serta menyelenggarakan kursus atau private musik," pungkasnya. (IB/YD)

Share

You may also like

No comments

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Wisata