BPBD Kab. Bogor Menggelar Simulasi Penanganan Bencana Banjir Dan Longsor

Headline

» » » » » BPBD Kab. Bogor Menggelar Simulasi Penanganan Bencana Banjir Dan Longsor


CIBINONG - lensabogor.com
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, mengelar simulasi untuk penanganan bencana banjir dan tanah longsor.

Simulasi yang dilaksanakan di belakang Kantor BPBD Jalan Situ Cikaret, Kelurahan Harapan jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (23/6). Tidak terlepas dari pengalaman bencana banjir dan tanah longsor yang pernah terjadi di Kabupaten Bogor.

"Dalam simulasi tersebut, pada pukul 10:00 WIB, Kepala seksi kedaruratan menerima laporan bahwa di suatu tempat terjadi bencana banjir dan longsor. Sesaat setelah menerima laporan, Budi Aksomo selaku kepala seksi kedaruratan dan logistik langsung mengintruksikan kepada seluruh anggotanya untuk segera bergerak menuju lokasi". 

Berkat kesiagaan Tim, dalam waktu beberapa menit sebanyak  80 personil yang terbagi menjadi tiga tim diantaranya, Tanggap, tangguh, dan tangkas yang memunyai tugas masing masing, beserta peralatan lengkap segera diberangkatkan menuju lokasi bencana tersebut.

Budi Aksomo, selaku kepala seksi kedaruratan dan logistik menjelaskan," Latihan ini rutin dilaksanakan setiap bulan, dengan maksud dan tujuan untuk mengevaluasi tim yang sudah dibagi sesuai degan SOP  
serta meningkatkan kapasitas dan kemampuan personil, dalam kesiap siagaan dalam penanganan bencana alam," jelasnya.

Selain simulasi, setiap minggu sekali tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor juga rutin mengadakan latihan kemampuan, serta kecepatan waktu yang wajib diikuti oleh semua unit dan anggotanya. (IB/YD)

Share

You may also like

No comments

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Wisata