Tradisi 'Nyubuh' Di Bulan Ramadhan

Headline

» » Tradisi 'Nyubuh' Di Bulan Ramadhan

BOGOR - lensabogor.com 
Nyubuh, adalah hal yang paling banyak digemari oleh muda-mudi ketika bulan puasa tiba. Entah bagaimana awal ceritanya hingga tradisi nyubuh ini bisa ada. Sesuai dengan nama istilahnya, nyubuh memang berlangsung pada waktu pagi hari atau sekitar waktu subuh, dimana para muda-mudi berkumpul di suatu jalan dan itu ramai sekali.

para muda-mudi umumnya tumpah ruah ke jalan. Nyaris dari setiap gang semua anak remajanya keluar. Memang tak hanya remaja, satu dua ibu-ibu dan bapak-bapak yang turut serta sambil mengaping anak-anaknya.

'Nyubuh' hanya sebuah istilah yang dikenal oleh masyarakat sunda, suatu aktifitas di luar rumah selepas santap sahur dan sholat subuh yang dilakukan hanya pada bulan ramadhan. Kegiatan ini lazimnya dilakukan oleh para muda-mudi, meski banyak juga kalangan tua yang melakukannya, namun dengan maksud dan tujuan yang tentu saja berbeda.

Di kawasan selatan Kota Bogor, salah satu tempat yang menjadi primadona untuk melakukan aktifitas Nyubuh adalah di kawasan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Entah sejak kapan bermula dan siapa yang memulai, namun setiap Bulan Ramadhan, pada waktu subuh, terutama pada akhir pekan atau hari libur, ratusan orang berkumpul di kawasan tersebut tentu saja mereka datang ke tempat itu dengan membawa agenda masing-masing.

Dari pasangan muda-mudi yang tengah asik bermesraan hingga yang hanya sekedar kongkow-kongkow di sepanjang jalan dengan teman-temanya. Dan ada pula anak-anak muda yang hanya lalu lalang dengan kendaraan roda duanya untuk mencari perhatian semata.

Reporter: Andy Djava

Share

You may also like

No comments

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Wisata