Penyerapan APBD Kabupaten Bogor Masih Minim

Headline

» » » » » Penyerapan APBD Kabupaten Bogor Masih Minim

CIBINONG - lensabogor.com
DPRD Kabupaten Bogor menilai jumlah anggaran yang dialokasikan pada APBD 2014 masih minim terserap. Dewan mensinyalir hingga Agustus ini baru teserap sekitar 45 persen. Belum terserapnya anggaran ini mengakibatkan masyarakat tidak bisa segera merasakan kemanfaatannya terutama untuk program pembanguan infrastruktur.

“Banyaknya anggaran yang belum terserap bukan saja menghambat laju pembangunan wilayah, tetapi juga bisa menjadi ganjalan utama dalam mewujudkan  Kabupaten Bogor Termaju,” kata Ketua Komis A DPRD Kabupaten Bogor Ade Munawaroh, Senin (4/8).

Minimnya serapan APBD tersebut  dapat dilihat belum diperbaikinya sejumlah jalan utama di Kota Cibinong seperti Jl. Raya Sukahati-Keradenan dan Jl. Raya Cikaret yang rusak parah serta  Jl Mercedes di Kecamatan Gunung Putri, Serta Jalan Raya Babakan Madang “Padahal pemkab berjanji akan diperbaiki mulai Juni kenyataan dibiarkan rusak,” katanya.

Dari APBD Kabupaten Bogor 2014 sekitar  Rp 4,7 triliuan, dia memperkirakan 45 persen baru terserap yang sebagian untuk belanja pegawai dan kegiatan non fisik. ”Kalau serapannya maksimal, pasti banyak kegiatan,” katanya.

Sedangkan Ketua Fraksi Amanat Rakyat Usep Saefullah mengatajan, pihaknya mengusulkan  segera memanggil seluruh SKPD sehingga bisa dilakukan evaluasi kinerja demi mendukung Program Kabupaten Termaju. “Bagaimana bisa tercapai Kabupaten Termaju jika kinerja SKPD sepeti ini,” ucapnya.

Mengutip data di Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Bogor,  telah melelang sebanyak 1.049 paket proyek dengan nilai Rp1,3 triliun Proyek-proyek tersebut tersebar di 18 dinas, 8 badan, 3 kantor, 4 rumah sakit, 4 sekretariat dan 2 inspektorat. Paket proyek paling dominan berada di Dinas Bina Marga dan Pengairan dengan 360 proyek, disusul Dinas Pendidikan 192 paket, serta Dinas Kesehatan 102 paket

Sementara Sekda Kabuapten Bogor Adang Suptandar  tidak tahu pasti anggaran yang sudah terserap. Namun, dia optimis anggaran bakal terserap 100 persen. “Kami yakin akan terserap semua. Kalau ditanya sudah berapa persen terserap saya harus harus buka data dulu, ribet! Pokoknya kita optimis terserap semua,” ucapnya. (IB)

Share

You may also like

No comments

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Wisata