Camat Dramaga, Berdayakan Pemuda Melalui UKM

Headline

» » » » » Camat Dramaga, Berdayakan Pemuda Melalui UKM

Bogor - lensabogor.com
Dramaga adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor. Sebelumnya , Dramaga merupakan wilayah kemantren ketika masih tergabung dalam kecamatan Ciomas, terletak di bagian barat dari kota, tepatnya sekitar 8 km dari pusat Kota Bogor.

Sejak tahun 1970, Desa Dramaga sudah dikenal sebagai sentra produksi manisan basah dan kering, baik itu dari buah-buahan (pala, mangga, jambu batu, kemang, pepaya, kweni, salak, kedondong, buah atep atau kolang-kaling. Hal tersebut terus berkembang hingga membawa Dramaga menjadi salah satu wilayah sentra pengolahan buah pala terbesar di Kabupaten Bogor.

Camat Dramaga, Baehaki menuturkan,"Manivestasi kultur kebudayaan itu salah satunya dari makanan. Maka dari itu kita harus membina para pelaku UKM dan mengembangkan segala kreativitas mereka, karena hal tersebut juga sebagai salah satu cara untuk mengembangkan potensi serta membantu mendongkrak ekonomi masyarakat" tuturnya, saat berkunjung ke lokasi pengolahan manisan pala di Jalan Dramaga Pasar RT 03, RW 03. Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, rabu (2/7). 

Baehaki berpendapat bahwa Kecamatan Dramaga sebagai miniatur Asia. karena itu, dirinya terus membangun potensi serta memfasilitasi para pemuda di Kecamatan Dramaga."pemuda harus kita arahkan untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada diwilayah ini. Karena dengan sinergitas dan dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, maka akan memunculkan ide-ide yang baik pula, sehingga dapat membantu mewujudkan Dramaga menjadi kota mandiri," paparnya.

Sementara itu, menurut Wayan selaku pembina paguyuban pemuda di Kecamatan Dramaga menjelaskan,"produksi manisan pala ini berfungsi untuk mengakomodir kemasan pariwisata. Dengan terbentuknya UKM - UKM di Kecamatan Dramaga, diyakini akan menjadikan salah satu wadah yang memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan penghasilan," jelasnya.

Selain itu masih menurut Wayan, konsep Dramaga adalah agro wisata, dan para pemuda disinilah sebagai penggerak untuk mengembangkan agro wisata tersebut. Dramaga harus punya jajanan khas, apabila ada wisatawan datang ke tempat ini dan mencari jajanan untuk oleh-oleh, manisan pala inilah yang akan menjadi ikon Dramaga ke depannya"  tambahnya. 

Reporter : Ferry/Sendi
Editor    : Ibra Hermawan

Share

You may also like

No comments

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Wisata